Pengertian Homogen dan Contoh Campuran Homogen

Zat dapat didefinisikan sebagai homogen jika mengandung hanya satu jenis senyawa atau satu elemen. Homogen adalah bahasa Latin untuk “jenis yang sama”.

Contoh dari zat homogen adalah silikon murni, yang hanya berisi atom silikon. Contoh lain adalah air murni, yang hanya berisi senyawa H2O, atau garam meja, yang hanya berisi senyawa NaCl.
Katalis Homogen adalah Suatu katalis yang ada dalam fase yang sama dengan reaktan – biasanya reaksi fase cair, kadang-kadang fase gas.
Homogen Equilibrium adalah kesetimbangan reaksi di mana reaktan dan produk berada dalam fase yang sama.
Definisi Campuran Homogen: Campuran yang memiliki komposisi dan sifat seragam. Misalnya, udara adalah campuran gas homogen. Satu sendok teh garam meja diaduk ke dalam segelas air juga membuat campuran homogen. Namun, meskipun satu sendok teh pasir dalam air akan membentuk campuran, itu tidak akan menjadi campuran homogen. (Ini akan menjadi heterogen.)
Contoh Campuran Homogen:
Campuran homogen berisi hanya setiap campuran yang seluruhnya seragam dalam komposisi. Di bawah ini, Anda akan menemukan banyak contoh campuran homogen.

Berikut adalah beberapa campuran homogen:
  • Air adalah contoh dari campuran homogen. Ini sering mengandung mineral terlarut dan gas, tetapi ini dilarutkan seluruh air. Air keran dan air hujan keduanya homogen, meskipun mereka mungkin memiliki berbagai tingkat mineral terlarut dan gas.
  • Sebuah botol alkohol adalah campuran homogen buatan manusia.
  • Dalam tubuh manusia, plasma darah adalah contoh dari campuran homogen. Ini adalah cairan berwarna yang memegang sel darah dalam suspensi. Plasma membentuk lebih dari setengah dari volume darah manusia.
  • Secangkir kopi dianggap sebagai campuran homogen. tetapi bagaimana ketika gula dilarutkan ke dalamnya?, jika gula benar-benar larut, kopi masih dianggap homogen, karena campuran kopi dan gula seragam di seluruh cangkir.
  • Obat kumur adalah contoh campuran homogen. Obat kumur biasanya mengandung persentase alkohol bersama dengan berbagai bahan kimia yang berbeda yang ditujukan untuk menjaga gigi dan gusi bersih dan nafas segar.
  • Deterjen adalah contoh lain dari campuran homogen dari berbagai sabun dan bahan kimia yang menjaga pakaian bersih.
  • Sebuah botol cuka adalah campuran homogen buatan manusia. Banyak orang menggunakannya untuk memasak, dan juga populer sebagai produk pembersih.
  • Udara yang Anda hirup adalah campuran homogen oksigen, nitrogen, argon, dan karbon dioksida, bersama dengan unsur-unsur lain dalam jumlah yang lebih kecil. Karena setiap lapisan atmosfer bumi memiliki kepadatan yang berbeda, masing-masing lapisan udara adalah campuran homogen.
  • Parfum atau cologne yang Anda gunakan untuk wewangian adalah campuran homogen sempurna dari bahan kimia dan pewarna.
  • Banyak asam dan larutan adalah campuran homogen – misalnya, larutan asam klorida encer.
  • Mesiu, yang digunakan dalam berbagai bahan peledak, sebenarnya merupakan campuran homogen dari unsur-unsur seperti sulfur, arang, dan asam sendawa (juga dikenal sebagai kalium nitrat).
  • Banyak minuman adalah contoh campuran homogen, dari jus jeruk yang diminum di pagi hari, segelas air yang diminum di sore hari dan secangkir teh diminum sebelum tidur.
  • Sebuah paduan logam yang terdiri dari dua logam murni. Paduan seperti baja dan perunggu adalah campuran homogen dari dua logam.
  • Jello gelatin adalah koloid, tipe khusus dari campuran homogen yang telah partikel mikroskopis tersebar melalui substansi. Contoh lain dari jenis campuran homogen adalah awan debu, segelas susu, dan madu yang dibuat oleh lebah.

Komentar

Postingan Populer